Rakor Monitoring Pencegahan Korupsi oleh KPK RI di Kabupaten Cilacap

0
197

CILACAP, cilacapnews.com – Tim Korsupgah (Kordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi) KPK RI wilayah Ill melakukan Monitoring dan Evaluasi MCP (Monitoring Centre for Prevention) dan Tematik KPK RI di ruang Prasandha Pendopo Wijaya Kusuma Cakti Cilacap, Rabu (6/7/2022).

Acara dihadiri oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, KeRapat Koordinasi dan Monitoring Pencegahan Korupsi oleh Tim KPK Republik Indonesia di Pemerintah Kabupaten Cilacap tua Tim Monitoring KPK RI Uding Juharudin, Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri, para asisten Sekretaris Daerah, sejumlah pejabat OPD dan penwakliay stakeholder.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menyambut hangat kehadiran Tim Korsupgah KPK RI di Kabupaten Cilacap. Selain itu) dalam sambutannya_ Bupati mengatakan bahwa dalam _ tata kelola pemerintahan sekarang ini, sistem akuntabilitas dan transparansi = serta integritas merupakan syarat mutlak dalam terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik.

“Dan salah satu pilar dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik adalah penanaman nilai-nilai anti korupsi di lingkup pemerintahan. Untuk itu, sistem deteksi dint atas_ hal-hal yang _ berpotensi menimbulkan tindak pidana korupsi perlu terus_ disosialisasikan dan _ dilakukan monitoring secara berkala seperti pada acara hari ini, ujarnya.

Bupati juga berharap Melalui rapat hari ini Pemkab Cilacap mendapatkan pencerahan dari Tim KPK atas hal-hal terkait kegiatan pencegahan korupsi, baik di lingkup tematik yaitu Manajemen aset daerah, sertifikasi, perizinan dan PBJ serta delapan (8) area MCP yakni Perencanaan dan Penganggaran, PBJ, Perizinan, Pengawasan APIP, Manajemen ASN, Pendapatan Daerah, Manajemen Aset dan Tata Kelola Keuangan Desa.

“Mengingat begitu pentingnya pencegahan korupsi ini, khususnya untuk tematik dan 8 area MCP, maka OPD terkait dituntut untuk selalu siap pada saat Tim KPK memberikan panduan-panduan atas pelaksanaan kegiatan dan segera melaksanakan implementasinya di lapangan,’ harapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Monitoring KPK RI Uding Juharudin menjelaskan bahwa Tim Korsupgah KPK RI wilayah Ill adalah representasi perwakilan KPK Daerah yang hadir untuk mendampingi pemda untuk perbaikan tata kelola pemerintahan.

“Kami hadir di daerah sebagai mitra pemda, sebagai konsultan dan pendamping supaya pemerintahan ini berjalan secara transparan, akuntabel dan bebas korupsi. Tujuannya kan hanya satu, bagaimana masyarakat di Cilacap ini sejahtera,”jelasnya.

“Yaitu monitoring yang berkaitan dengan program-program tematik, khusus, program yang lebih terfokus lagi seperti yang sudah dijelaskan oleh Pak Bupati,’ paparnya. (mia/kominfo)

Jadi agenda hari ini adalah, Uding melanjutkan, kami akan melakukan monitoring dan evaluasi yang berkaitan dengan MCP.

“Yaitu monitoring yang berkaitan dengan program-program tematik, khusus, program yang lebih terfokus lagi seperti yang sudah dijelaskan oleh Pak Bupati,”paparnya.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here