Rawan Banjir, Dusun Cikorol, Brebeg, Laksanakan Normalisasi Sungai.

0
475
Cilacapnews.com – Dusun Cikorol yang terletak di Desa Brebeg Kecamatan Jeruk Legi Kabupaten Cilacap rawan terjadi banjir di akibatkan meluapnya air sungai Cikorol.
Apabila hujan terisolir warga Dusun Cikorol tidak bisa keluar atau masuk ke wilayah Dusun Cikorol yang di akibatkan banjir yang melanda wilayah bantaran sungai cikorol.
Banyak warga mengeluh apabila hujan maka yang mengakibatkan banjir hingga  air masuk ke rumah penduduk mencapai setinggi lutut orang dewasa dan lahan sawah yang ada di bantaran sungai gagal panen.
Mendengar banyaknya keluhan masyarakat Pemerintah Desa Brebeg mengambil kebijakan menggunakan Dana Desa  tahun anggaran 2017 yang sudah melalui prosedur, Musrenbang dan sudah masuk dalam APBDES, dana desa akan di alokasikan untuk normalisasi pendangkalan sungai cikorol yang terletak di Dusun Cikorol, dengan di topang oleh swadaya masyarakat yang telah di sepakati bersama dalam musyawarah di balai desa, kamis ( 20/7/2017 ).
Sutini salah satu warga Rt 03 Rw 02 Dusun Cikorol Desa Brebeg Jeruk Legi menyampaikan bahwa apabila musim hujan tiba air sungai meluap hingga air masuk ke rumah warga dan warga yang mempunyai sawah di sekitar bantaran sungai Cikorol selalu mengalami gagal panen hasilnya tidak sampai 50%.
”  Kami berharap setelah di lakukan pengerukan tidak terjadi banjir lagi, masyarakat di sekitar sungai cikorol bisa menjaga kebersihan agar sungai tidak dangkal dan tidak banjir sehingga keadaan akan menjadi lebih baik lagi ,” ungkapnya.
Kepala Desa Brebeg Akhmad Zaenudin menuturkan dari Anggaran yang di ambil dari dana desa dan dari swadaya masyarakat akan melakukan pengerukan dengan volume 2 kilo.
” Yang sangat memprihatinkan aliran sungai cikorol tidak masuk wilayah balai besar sungai citanduy dan balai besar sungai serayu, kami berharap kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap dan balai besar citanduy atau balai besar serayu bisa menindaklanjuti agar pembangunan normalisasi sungai cikorol lebih maksimal di buat permanen tidak hanya pengerukan tetapi kanan kiri di buat permanen dengan di buat turap atau yang lainnya ,” kata Zaenudin.
” Pelaksanaan pengerukan sungai cikorol akan di mulai besok dengan membersihkah lahan terlebih dahulu dan minggu depan alat berat sudah akan di turunkan, semoga dengan di laksanakan normalisasi di sungai cikorol permasalahan di sekitar sungai cikorol bisa teratasi baik pemukiman atau lahan pertanian bisa berhasil dan bisa bermanfaat oleh masyarakat , ” tandasnya.( nani 050904).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here