Rotasi dan Perombakan Struktur di Jajaran Pengurus Pusat LBH Perisai Kebenaran Periode 2021-2024

0
114

PURWOKERTO, cilacapnews.com – Lembaga Bantuan Hukum Perisai Kebenaran berkomitmen terus memperbaiki layanan pemberian bantuan hukum gratis kepada orang miskin, kelompok orang miskin dan tidak mampu sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Republik Indonesia No.16 Tahun 2011 tentang bantuan hukum.

Berbagai pembenahan serta penataan ulang kelembagaan dimasifkan pasca diraihnya kembali predikat prestisius, bergengsi akreditasi A ke 4 periodenya dari pemerintah melalui Menkumham RI bagi lembaga/organisasi pemberi bantuan hukum di seluruh Indonesia. Diantara pembenahan serta penataan ulang itu adalah rotasi dan perombakan struktur di jajaran pengurus pusat untuk periode 2021-2024.

Dalam rangka mendukung hal itu, pada Senin (7/2/2022) malam, Pengurus Pusat Lembaga Bantuan Hukum Perisai Kebenaran melaksanakan rapat perdana bertempat di Rumah Makan Oemah Tahu, Tambaksogra, Sumbang, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Rapat perdana Pengurus Pusat Lembaga Bantuan Hukum Perisai Kebenaran Periode 2021-2024 dipimpin langsung oleh pendiri sekaligus Ketua Umum H.Sugeng,SH.,MSI. Rapat dihadiri oleh seluruh jajaran pengurus pusat terpilih dan definitif periode 2021-2024.

Dari jajaran pengurus harian terlihat Wakil Ketua Umum Slamet Kusnandar,SH, Sekretaris Jenderal Hartomo,SH.,MH, Wakil Sekretaris Jenderal Nugroho Notonegoro,SH serta Wakil Bendahara Umum merangkap Staf Khusus Ketua Umum Bidang Bantuan Hukum Dwiyan Adistira,S.Kom.

Tak ketinggalan hadir para Kepala Divisi dan anggota seperti Kepala Divisi Organisasi, Sumber Daya Manusia dan Program Bantuan Hukum Teguh Bayu Aji,SH, M.Imam Afifuddin,SH. Kadiv Litigasi M.Rizka Prayoga,SH.,MH, Nurul Adi Nugroho,SH.,MH. Kadiv Non Litigasi H.Ikhsan Al Hakim,SH.,MH, Iskandar Dzulkarnaen,SH. Kadiv Humas Hangsi Priyanto,SH.,MH. Kadiv Hubungan dan Kerjasama Antar Lembaga Doddy Prijo Sembodo,SH.,MH. Kadiv Pembelaan dan Penegakan Disiplin Organisasi H.Sugeng Riyadi,SH.,MH. Kadiv Litbang Mulyono,SH. Kadiv IT M.Ihsanul Fuad,SH, Brilian Wisnu Aji,SH. Adapun pokok agenda rapat perdana adalah konsolidasi pengurus periode 2021-2024 serta mendengarkan pengarahan Pendiri sekaligus Ketua Umum H.Sugeng,SH.,MSI.

Ketua Umum Lembaga Bantuan Hukum Perisai Kebenaran H.Sugeng,SH.,MSI diawal sambutan pengarahanya menyampaikan apresiasi, penghormatan yang setinggi-tingginya kepada Diah Ariwati,SH yang memasuki masa pensiun, selama ini telah menjadi sekjen dan telah bekerja dengan baik.

“Saya selaku pribadi, dewan pendiri dan ketua umum serta atas nama seluruh keluarga besar LBH Perisai Kebenaran di seluruh Indonesia menyampaikan terimakasih atas dedikasi, kinerja yang selam ini sudah diberikan kepada lembaga,” ucap Sugeng.

Sebelum melanjutkan pengarahanya, Sugeng memberikan mandat kepada Sekretaris Jenderal Lembaga Bantuan Hukum Perisai Kebenaran Periode 2021-2024 Hartomo,SH.,MH untuk membacakan kembali Surat Keputusan (SK) Nomor : 010/SK/LBH-PK/PWT/II/2022 Tentang Susunan Kepengurusan Lembaga Bantuan Hukum Perisai Kebenaran Periode 2021-2024.

Dalam paparan pengarahanya, Ketua Umum H.Sugeng,SH.,MSI menekankan 6 hal yang menjadi keunggulan komparasi dan kompetitif yang dimiliki lembaganya. “Keunggulan ini hanya dimiliki oleh LBH Perisai Kebenaran saja,” tutur Sugeng sembari disambut tepuk tangan meriah oleh semua pengurus.

Keunggulan-keunggulan itu, masih kata Sugeng, pertama, capaian akreditasi A selama 4 periode berturut-turut tanpa jeda dari Menkumham RI. Kedua, Sumber Daya Manusia dimana advokatnya berpendidikan S2, S3 hukum. Ketiga LBH Perisai Kebenaran punya 9 Korwil di tingkat provinsi dan 20 Cabang di kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Keempat jumlah advokat yang mencapai 186 dan terus bertambah karena banyak adavokat bergabung di lembaganya. Kelima adanya paralegal yang mencapai 86 orang. Keenam adanya posbakum di kecamatan dan Pengadilan Negeri (PN) dan Pengadilan Agama (PA). “Termasuk keunggulan juga jalinan berbagai kontrak, lelang, kerjasama di pemda, pengadilan negeri, pengadilan agama,” terangnya penuh semangat.

Dari pantauan awak media dilapangan dapat disampaikan rapat konsolidasi berlangsung aman, lancar. Sebagai rangkaian acara penutup adalah doa, dilanjutkan makan malam bersama serta mengabadikan momen dengan foto bersama. (tro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here