Saat Ini, Harga Cabai Sepedas Rasanya.

0
431

Cilacapnews.Com – Harga cabai dari berbagai jenis mengalami kenaikan  di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah, beberpa hari ini, harga cabai melambung tinggi hingga tembus Rp 110 ribu lebih per kilogram. Kenaikannya pun dikeluhkan konsumen terutama ibu-ibu rumah tangga.

Berdasarkan pantauan di sejumlah pasar tradisional yang ada di Cilacap, harga cabai yang ditawarkan penjual di los pasar berbeda-beda, hingga kisaran Rp 110 ribu per kilogram untuk masing-masing jenis cabe,  memang harganya ada perbedaan.

Seperti cabai hijau harganya di pasar Mromong desa Kalikudi Kecamatan Adipala, mencapai kisaran Rp 40 ribu per kilogramnya sedangkan untuk cabai merah di pasar yang sama mencapai Rp 45 ribu dan untuk cabai rawit yang paling mahal Rp 110 ribu per kilo.

Ibu Sri Wahyuni warga desa Karangreja Kecamatan Maos saat ditemui di pasar Mromong mengeluhkan mahalnya harga cabai, padahal keluarga saya termasuk suka makan yang pedas, semoga harga cabai ini segera turun, jangan sampai harganya pedas kaya cabainya.

Sementara di pasar Sida Dadi dan Pasar Gede harganya lebih tinggi sedikit, yakni di kisaran Rp 112 ribu per kg, sedangkan untuk harga cabai hijau  dijual Rp 45 ribu per kg, cabai keriting Rp 45 ribu per kg, dan cabai merah besar Rp 40 ribu per kg.

Menurut Para pedagang, kenaikan harga yang cukup tinggi pada komoditas cabai telah berlangsung sejak beberapa hari lalu, kemudian puncak kenaikan terjadi pada Selasa kemarin (3/1) dan Rabu ini.

Kenaikan harga diakibatkan oleh   beberapa hal, di antaranya karena cabai yang didatangkan dari daerah lain, dan musim penghujan juga mempengaruhi distribusi cabai atau bisa juga karena daerah penghasil cabai sedang gagal panen, ungkap para pedagang.

Namun para pedagang tetap optimis bahwa dari beberapa kali pengalaman yang lalu, paling lama melambungnya harga berlangsung selama beberapa  hari saja, setelah itu harga normal kembali. ( gisa/050904).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here