Sambut Hari AIDS Sedunia, Kodim 0703, Peduli Epidemi AIDS Di Cilacap

0
340

Cilacapnews.com – Dalam rangka menyambut Hari Aids Sedunia yang jatuh pada tanggal 2 Desember, Kodim 0703/ beserta Lembaga Penelitian Pengembangan Sumber Daya Lingkungan Hidup ( LPPSLH ), Komunitas Rider Byson Independen Cilacap Menggelar Sosialisasi Edutainment For LSL (Laki suka laki) , TG ( Transgender ) dan Penanggulangan Epidemi HIV Aids di Kabupaten Cilacap.
Bertempat di Balai Pertemuan Kelurahan Sidakaya Jalan Bromo Cilacap, Minggu (27/11/2016).
Hadir dalam acara tersebut Kepala Staf Kodim ( Kasdim ) 0703/Cilacap Mayor Inf. Raji , Korlap LPPSLH Drs Nawa Nugraha, Lanal Cilacap, Sektor Cilacap Selatan, Camat Cilacap Selatan Agung Widodo, Lurah Sidakaya, Ketua KPAI Sandra, Waria Cilacap,LSL,TG, Komunitas Motor Rider Byson Cilacap.
Kasdim 0703/Cilacap Mayor Inf. Raji mengatakan kegiatan ini di laksanakan di 6 titik di antaranya Rumkitban meliputi Koramil Cilacap Kota, di Adipala, Kroya, Sidareja, dan Majenang. Pelaksanaannya serentak tanggal 1 Desember 2016.
” Tujuan kegiatan ini yaitu untuk menjaring barangkali ada pengidap penyakit Aids yang baru karena selama ini sudah ada data lama, apabila pengidap penyakit aids yang baru cepat di temukan maka akan cepat pula di obati , ” kata Raji.
” Biar kawula muda tau tentang bahaya Aids sehingga kelak ke depannya dapat berperilaku dengan baik dan menjadi generasi penerus yang sehat dan bermanfaat , ” imbuhnya.
Penyakit Kelamin atau Infeksi menular Seksual adalah penyakit yang di tularkan melalui hubungan seksual vaginal , anal dan oral.
Koordinator Lapangan Lembaga Penelitian Pengembangan Sumber Daya Lingkungan Hidup Drs Nawa Nugraha mengatakan acara ini untuk menyambut hari Aids sedunia yang jatuh pada tanggal 2 Desember, sedang di Cilacap kurang kebih ada 780an orang yang menderita penyakit Aids, Cilacap menjadi nomor urut ke 3 se Provinsi Jawa Tengah.
” Kegiatan yang di laksanakan yaitu temukan penderita baru dan di obati jangan sampai penderita mengalami kesakitan berkelanjutan bahkan bisa meninggal dunia dan mencegah penularan ke orang lain.
” Selama ini kegiatan yang kami laksanakan sudah banyak berdampak positif dengan menekan angka Epidemi Pengidap Penyakit HIV AIDS di Cilacap, melakukan konseling, memberikan pengetahuan cara berperilaku seksual secara sehat dan menggunakan alat kontrasepsi Kondom untuk mencegah penyakit kelamin menular ,” kata Nawa.
” Dalam bulan ini Per Edukator menemukan di lapangan pengidap penyakit HIV di berikan pengobatan dan di dampingi oleh teman teman komunitas sampai ke pelayanan pengobatan dan bimbingan mentalnya karena penderita HIV biasanya akan di Diskriminatif oleh Masyarakat , ” lanjutnya.
” Untuk mencegah penyakit HIV Aids semakin berkembang di masyarakat hendaklah berperilaku seks secara sehat, melakukan hubungan seks menggunakan alat kontrasepsi Kondom, jangan menggunakan jarum suntik bergantian, jangan melakukan hubungan seks dalam keadaan mabuk dan segeralah menjalani pengobatan apabila sudah positif terkena HIV Aids secara rutin , ” tandas Nawa. (nani/050904).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here