Satlinmas Bersama Warga Bergotong Royong Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH)

0
120

PURBALINGGA (cilacapnews.com) – Satuan Perlindungan Masyarakat (SATLINMAS) Kecamatan Kemangkon, Purbalingga beserta warga sekitar mengadakan gotong royong, Senin (29/3). Lokasi gotong royong ada di wilayah RT. 06/02 Desa Majatengah dan Desa Bokol.

Dansat Linmas Kecamatan Kemangkon, Sakim mengatakan gotong royong adalah jati diri bangsa. Melalui gotong royong diharapkan peran Linmas semakin nyata dalam masyarakat. “Jadi gotong royong pertama itu di Desa Majatengah membersihkan saluran pembuangan air atau drainase jalan dan kedua Desa Bokol rehab rumah Bapak Teguh penerima program RTLH,” katanya saat di hubungi awak media cilacapnews.com.

Masih menurut Sakim sekarang ini SATLINMAS Kecamatan Kemangkon semakin nyata peran dan kiprahnya dalam setiap momentum baik di tingkat desa maupun kecamatan. “Kita punya WAG beranggotakan 19 Danton Linmas Desa se-Kecamatan Kemangkon,” imbuh pria yang juga sebagai Danton Linmas Desa Sumilir.

Melalui WAG tersebut komunikasi, kordinasi lintas Linmas Desa di gerakkan sehingga kalau ada program dari manapun bisa cepat tersosialisasikan.

Wakil ketua Pokdarkamtibmas tingkat Polres Purbalingga itupun mencontohkan bahwa tahun 2021 ini Sat Linmas Kecamatan Kemangkon menjadi inisiasi program penyuluhan hukum dan pemberdayaan masyarakat di desa-desa se-Kecamatan Kemangkon.

“Jadi program ini saya tawarkan ke para Danton Linmas Desa di WAG SATLINMAS Kecamatan Kemangkon. Danton Linmas Desa yang siap berketempatan secepatnya berkoordinasi dengan kepala desa. Setelah siap baru kami menghubungi pihak LBH-PK,” ujarnya.

Sakim merasa senang dengan adanya program dari LBH-PK sebab anggotanya yang merupakan Danton Linmas Desa bisa tercerahkan pemikirannya. “Tugas Linmas jangan di anggap remeh. Linmas itu penanggungjawab kamtibmas di desa, bekal wawasan hukum harus dimiliki,” tegasnya.

Ia pun mengajak semua pihak untuk lebih menghargai peran Linmas di segala tingkatan. (cn/tro/05).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here