SBI Cilacap Gelar Sosialisasi K3 Kepada Masyarakat di Sekitaran Area Pertambangan

0
63

Cilacap, cilacapnews.com – Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM ) Provinsi Jawa Tengah melalui cabang Dinas ESDM wilayah Slamet Selatan sosialisasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pertambangan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar area pertambangan tanah liat milik PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) pabrik Cilacap.

Sosialisasi yang diselenggarakan Rabu, (08/12/2021) di dua tempat yakni di Kelurahan Tritih Lor Jalan Mekarwangi, Kecamatan Jeruklegi, dan Desa Jangrana Jalan Mahoni, Kecamatan Kesugihan ini diikuti 100 warga dari kelurahan dan desa tersebut.

Hadir dalam sosialisasi tersebut Sekretaris Kecamatan Jeruklegi, Kapolsek, dan Komandan Distrik Militer Kecamatan Jeruklegi mengundang narasumber Mohammad Sholeh S.Kom, M.Kom mewakili Dinas ESDM.

Mohammad Sholeh S.Kom, M.Kom mengatakan, bahwa melalui kolaborasi antara SBI dengan ESDM untuk memberikan edukasi seperti ini adalah bentuk nyata membangun keharmonisan dunia industri dengan lingkungan sekitar. “Kami mengapresiasi kepedulian SBI dengan memberikan edukasi atau penjelasan mengenai K3 kepada warga sekitar,” katanya.

Dalam sosialisasi dijelaskan mengenai berbagai peraturan mengenai keselamatan operasional pertambangan, pelarangan adanya kegiatan warga di area pertambangan serta adanya sanksi hukum bagi pelanggar peraturan pertambangan.

sementara, Community Relations Manager SBI Pabrik Cilacap Dewi Hestyani menyampaikan, bahwa SBI akan terus bekerja sama dengan baik bersama warga di sekitar penambangan tanah liat, dan akan kooperatif dalam hal penegakan peraturan K3 penambangan.

“Ini terbukti dari partisipasi warga dalam sesi-sesi sosialisasi yang rutin kami lakukan untuk tetap saling mengingatkan dan membina keharmonisan, kata Dewi singkat.

SBI yang merupakan unit usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG, memanfaatkan tanah liat sebagai salah satu bahan baku pembuatan semen. Sampai tahun 2020, area penambangan tanah liat yang sudah direklamasi atau dihijaukan mencapai 45 hektar dengan penanaman 37.437 pohon.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here