SD Negeri Bengbulang 1 Pertahankan Budaya Lokal

0
356

Cilacapnews.com – -Kebudayaan lokal akhir-akhir ini  makin tergerus oleh kemajuan tekhnologi yang semakin canggih, seiring dengan itu kebudayaan lokal semakin tersisih dan menghilang.  Banyak anak- anak yang masih duduk di bangku SD lebih mengenal gadget daripada kebudayaan dari bangsanya sendiri.

SD Negeri Bengbulang 1 Kecamatan Karangpucung kabupaten Cilacap Jawa Tengah ini mengambil peran untuk berusaha mempertahankan budaya lokal, untuk menghadapi pesta siaga yang akan dilaksanakan sekitar bulan April yang akan datang dan saat ini mulai  menyeleksi siswanya mengikuti lomba dibidang kesenian.

Kesenian kuda kepang di pilih untuk di lombakan nantinya dengan nama tarian jaranan, tarian ini merupakan kebudayraan turun temurun dari nenek moyang. Sri Sumarni guru senior di sekolah itu melatih siswa dengan sangat teliti dan telaten, dia di bantu Waryo salah satu guru yang juga pencinta seni dan pernah menjadi Dalang wayang kulit.

Wiyono, kepala sekolah SD Bengbulang 1, mengatakan sangat ingin melestarikan kebudayaan lokal” kami sangat ingin budaya lokal tidak hilang”, katanya. Dalam perlombaan dia tidak terlalu terobsesi untuk menjadi juara karena menurutnya usaha dengan maksimal dan siswa mengenal dengan baik kebudayaan lokal, itu merupakan pencapaian  kepuasan tersendiri bagi kami.

“Saya juga sangat mengapresiasi guru – guru yang sudah telaten mengajari anak untuk terus mengenal kebudayaan lokal”, ujarnya. Dia berharap kebudayaan lokal bisa bertahan dari generasi ke generasi.

Dalam mempertahankan budaya lokal tidak lepas dari peran guru yang mumpuni, di sini kami sangat beruntung mempunyai guru senior seperti Bu Sri Sumarni, beliau sangat telaten mengajari murid-murid dibidang seni” jelasnya.

Hanya saja, kata Wiyono, guru tersebut sudah senior dan sudah mendekati purna tugas, tetapi meskipun seperti itu dia berharap nantinya akan tumbuh kembali guru-guru yang peduli akan pengajaran dan pengenalan kebudayaan lokal kepada siswa siswi Sekolah Dasar.(agus/050904)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here