Setiap Kecamatan di Banyumas Miliki Kampung KB

0
372

BATURRADEN – Bupati Banyumas Ir Achmad Husein mengatakan Kampung Keluarga Berencana (KB) diperlukan di seluruh desa di Indonesia. Sebab, keberhasilan program KB akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas hidup manusia dan akan meningkatkan kesejahteraan keluarga pra-sejahtera untuk menuju yang lebih baik.

“Kampung KB akan membangun masyarakat yang sejahtera dari tingkat keluarga. Kita harus memperkuat dan merevitalisasi program KB dan keluarga sejahtera. Kampung KB adalah gerakan dari program-program KB yang mampu bersinergi dengan program pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan lainnya,” kata Bupati Achmad Husein saat mencanangkan Kampung KB di Grumbul Bulu Jangkar RW V, Desa Rempoah Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas, Selasa (2/8/2016).

Pencanangan ditandai dengan pemukulan kentong dan penyerahan Surat Keputusan Kampung KB kepada 12 Kepala Desa Se Kecamatan Baturraden.

Bupati menegaskan bahwa kampung KB bukan hanya ada di Kecamatan Baturraden namun Kampung KB sudah dicanangkan di setiap kecamatan di Kabupaten Banyumas.

Bupati berharap kegiatan ini tidak sekedar pencanangan, dan meminta kepada Bapermas PKB terus melakukan pemantauan di setiap kecamatan. Pembentukan kampung KB agar dapat memberi manfaat langsung yang dirasakan oleh masyarakat. “Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas masyarakat untuk mewujudkan keluarga kecil, bahagia dan berkualitas. Jadi, kuantitas dikendalikan, kualitas ditingkatkan,” tambahnya.

Bupati melanjutkan dengan Kampung KB ini nantinya dapat mencegah terjadinya kawin muda dan juga untuk mensukseskan program keluarga berencana.

“Karena kampung KB dapat memfasilitasi pelaksanaan komunikasi, informasi, dan edukasi program Kependudukan dan KB Pembangunan Keluarga (KKBPK) kepada masyarakat, fasilitasi bagi balita, keluarga tidak mampu, remaja, lansia, dan meningkatkan pengetahuan bagi remaja untuk menghindari pernikahan dini, seks di luar nikah, dan penyalahgunaan NAPZA.

Pada kesempatan ini, bupati membacakan puisi karya salah satu ibu kader, yang semula dinyanyikan dengan iringan hadroh. Bupati juga ikut terlibat bermain dengan anak anak di Grumbul Bulu Jangkar RW V Desa Rempoah itu.

Kegiatan pencanangan tersebut dihadiri oleh Jajajaran Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (Bapermas PKB) Kabupaten Banyumas, Muspika, Kepala Desa dan tokoh masyarakat di Kecamatan Baturraden. ( Parsito )

sumber birohumas banyumas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here