Siswa SDLB Inginkan Lapangan Pekerjaan Setelah Lulus Sekolah

1
502

Cilacapnews – Puluhan siswa SDLB Negeri Kabupaten Cilacap berjejer rapi melaksanakan upacara bendera di halaman Sekolah SDLB, senin (27/2/17).
Tidak seperti biasanya para murid terlihat begitu rapi dalam melaksanakan upacara.
Itu di karenakan sedang berlangsungnya pengambilan gambar untuk pembuatan film semi dokumenter berjudul Mutiara Terindah yang melatar belakangi anak – anak Disabilitas ( Anak berkebutuhan khusus ) yang di sekolahkan di SDLB ( Sekolah Dasar Luar Biasa ).
Sutradara dari pembuatan film Mutiara Terindah Upi Al Nashier mengatakan dalam pembuatan film butuh kesabaran dalam membimbing anak – anak difabel.
” Membutukan waktu kurang lebih satu bulan untuk merampungkan film Mutiara Terindah ini , ” kata Upi.
Kata Upi.
” Ada rasa haru dan kelucuan saat mengarahkan anak – anak difabel ini untuk membaca dialog dan berakting, kadang berinteraktif dengan mereka menggunakan bahasa gerak tangan dan tubuh , ” lanjutnya.
” Kita yang di ciptakan normal oleh yang maha kuasa bisa menjadikan anak – anak ini Inspiratif untuk kita semua dengan semangat, keluguan dan kelucuannya dan untuk para pendidik yang luar biasa dalam kontribusinya mendidik dan membimbing anak – anak difabel menjadi anak – anak yang mandiri , ” ungkap Upi.
Anak – anak yang bersekolah di SDLB Kab.Cilacap terdiri dari penyandang cacat tuna runggu, tuna daksa, tuna wicara, tuna grahita dan autis.
Mantan Kepala Sekolah SDLB yang saat ini sedang purna pensiun skaligus penulis naskah Mutiara Tersayang Heru Banon Susilowati mengatakan penulisan alur cerita dalam tulisan berjudul Mutiata Terindah menyuguhkan fakta dan kejadian nyata secara sederhana dan menyentuh.
” Penderita Disabilitas atau anak berkemampuan khusus tidak butuh di kasihani, tapi mereka butuh di beri kasih sayang, di beri pendidikan sesuai dengan dengan kemampuan dan bakat mereka , kata Banon panggilan akrabnya.
Saya mengabdi di SDLB ini sejak tahun 1983, stiap kejadian dan peristiwa yang terjadi pada siswa dan guru saya catat dan buku Mutiara Terindah ini buku karya yang kedua dari empat karya saya yang sudah memenangkan lomba pendidikan dan kebudayaan tingkat nasional, ” lanjut Banon.
Tujuan karya ini menginginkan anak – anak kami mandiri dan bisa menyesuaikan diri di masyarakat, pemerintah memberikan kesempatan kepada anak – anak kami untuk bisa memberikan pekerjaan, kepada masyarakat penyadang disabilitas jangan di sisihkan tapi di bantu dan di bimbing untuk bisa mandiri, ” katanya.
” Harapan dengan di buat film dokumenter untuk para orang tua menyekolahkan anak yang berkebutuhan khusus untuk Pemerintah daerah menyediakan Sekolah SLB tidak hanya di kota saja tapi di desa juga di sediakan, selain itu pemerintah menyediakan lapangan pekerjaan untuk siswa kami yang sudah lulus ,” tegas Banon.
Di SDLB Negeri Cilacap selain di berikan pendidikan umum dan olahraga juga di berikan ketrampilan yang lain seperti membaca puisi,menulis karya sastra,menggunakan alat musik dan bermain catur.
(nani/050904 ).

1 COMMENT

  1. Intinya dalam pembuataan film mutiara terindah mempunyai makna yang khusus bagi kita semua,Bahwa disabilitas bukan suatu halangan untuk berkarya,mereka tuna wicara,tuna daksa,tuna runggu,autis,bukan untuk di kasihani tapi bentuk kasih sayanglah,cinta kasih ,kelembutan, yang mereka harapankan..,bagaimana mereka membentuk jati dirinya lewat insthing yang sangat dan peka akan bentuk sebuah kasih sayang,mereka pahan seseorang take care dan tidaknya bagi penyandang disabilitas,saya berharap seorang pembuat film ini,garapan banyumas pictures.( home production)
    Bermimpilah kau anak anaku,dan gapailah bintang agar duniamu semakin benderang..jangan pernah takut..di sini banyak yang mencintai kalian..love you All anak anak disable(oephy alnasir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here