Sosialisasi EdukasiI BPJS Ketenagakerjaan di Pasar Sidodadi Cilacap

0
468
Cilacap News  – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( BPJS ) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Cilacap menggelar Edukasi Pasar rakyat di pasar Sidodadi Cilacap, jumat (5/8/2016).
Kabid Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Cilacap Agus Pandu Indra Putra mengatakan acara ini bertujuan untuk mensosialisasikan perlindungan tenaga kerja sektor informal atau bukan penerima upah yaitu pekerja yang melakukan kegiatan atau usaha ekonomi secara mandiri dalam memperoleh penghasilan.
” Perlindungan ini tidak hanya untuk para pedagang pasar saja melainkan para pekerja bongkar muat, tenaga keamanan pasar, juru parkir dan tukang becak yang mangkal di pasar ” kata Agus Pandu.
Para pedagang juga di jelaskan manfaat yang dapat di terima terhadap resiko kecelakaan kerja dan kematian yang bisa saja di alami oleh siapa saja.
” Dengan edukasi ini akan menumbuhkan kepedulian tentang betapa pentingnya perlindungan para pekerja maupun pedagang pasar jika terjadi kecelakaan kerja dan kematian, Kegiatan ini kami adakan bekerja sama dengan Kepala Unit Pelaksana Teknis ( UPT ) Pasar Sidodadi Cilacap , ” ungkap Agus Pandu.
BPJS Ketenagakerjaan Cilacap menargetkan sebanyak 125 pedagang dari 215 pedagang pasar yang ada di pasar Sidodadi Cilacap ” Untuk premi yang di bayarkan, lanjutnya ” dengan perhitungan upah Rp 1 juta maka iuran yang harus di bayarkan adalah Rp 16.800,- , ini adalah perhitungan paling rendah karena untuk program bukan penerima upah perhitungan uang dapat di sesuaikan dengan kemampuan para pedagang itu sendiri mulai dari Rp 1 juta sampai dengan Rp 20 juta , ” ujarnya.
Selain sosialisasi melalui pengeras suara di titik tertentu di lokasi pasar para karyawan Bpjs Ketenagakerjaan juga melakukan edukasi tatap muka dengan para pedagang di tempat mereka berjualan dan menyebarkan brosur, selain itu juga melakukan transaksi pendaftaran menjadi peserta Bpjs Ketenagakerjaan.
” Harapan kami seluruh pekerja baik di sektor penerima upah maupun di sektor bukan penerima upah dalam melakukan aktifitas pekerjaan mereka dapat terlindungi dalam Bpjs Ketenagakerjaan , ” tandas Agus Pandu. (nani).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here