Sosialisasi Pemicuan Stop BAB Sembarangan oleh UPT Pus Kes Mas Maos.

0
885
Cilacapnews.com – Warga Dusun Krikil Desa Karangreja Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap, pagi ini mengambil tempat di balai RT 03 RW 03 mendengarkan  kegiatan penyuluhan dan berbagi informasi yang diadakan oleh UPT Pus Kes Mas Maos dari Bagian Kesling atau Kesehatan Lingkungan.
Acara yang dimulai  pukul 10.30 Wib dan selesai hingga pukul 12.oo Wib ini dipandu oleh tiga staf dari Pus Kes Mas  dengan memberikan penyuluhan bagaimana cara buang air besar yang sehat  dan berbagi informasi mengenai permasalahan yg ada hubungannya dengan sanitasi yg mengambil dua tema yaitu : Buang Air Besar Sehat dan Pola Hidup Sehat.
Acara yang dihadiri oleh sekitar 25 orang terdiri dari bapak  dan ibu serta para Ketua RT/RW tokoh masyarakat dan perangkat desa terlihat ramai dengan adanya sesion tanya jawab yg dipandu oleh seorang Petugas Kesehatan   untuk bisa memberikan paparan tentang pentingnya menggunakan jamban sehat dalam keluarga, perihal bagaimana dan kapan sebaiknya cuci tangan yg sehat sehingga masyarakat terutama para ibu yg langsung berhubungan dengan putra putrinya untuk bisa meneruskan dan memberi contoh yg benar sesuai yg telah dipaparkan.
Purwanti SSIT, saat ditemui Wartawan mengungkapkan dengan diadakanya sosialisasi ini, mudah mudahan pola hidup masyarakat yang tadinya buang air besar bukan pada tempatnya bisa menyadarai akan kekeliruanya,  karena jika masyarakat masih menggunakan cara yg salah sesuai standar kesehatan yg ada, bila buang hajat, maka akan bisa menyebabkan datangnya berbagai penyakit dan bisa menyebabkan juga pencemaran, baik itu pencemaran air, tanah atau udara.
Sementara ini, dengan adanya kesadaran dan pengetahuan yg cukup mengenai pentingnya buang air di jamban diharapkan bisa memperkecil resiko sakit atau pencemaran lingkungan. Selain dari itu para ibu dan bapak ini juga diajarkan cara mencuci tangan yg sesuai dengan standar kesehatan. Meskipun sepele tapi bisa berpengaruh besar buat anak anak agar bisa hidup secara sehat dan optimal.
Para ibu dan bapak antusias mengikuti acara tersebut, mungkin butuh waktu dan proses untuk bisa berubah menjadi masyarakat yang berpola hidup sehat. Tapi setidaknya masyarakat bisa tahu dengan adanya kampanye kampanye sanitasi hidup sehat yang sering digulirkan. Semoga dari pertemuan kampanye program jamban sehat ini bisa diambil manfaatnya sehingga masyarakat yg ada disekitanya bisa ikut merasakan manfaat dan pada saatnya apa bila  ada bantuan jamban sehat sudah diterima bisa dipergunakan sebaik baiknya dan juga bisa merubah pola pikir yg salah tentang hidup sehat (gisa/050904).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here