Terjerat Hutang Rentenir, Laskar Merah Putih (LMP) Bantu Menjembatani Permasalahan Warga di Banyumas

0
292

PURWOKERTO (cilacapnews.com) – Organisasi masyarakat (ormas) pada hakikatnya memiliki komitmen untuk dapat menjaga persatuan, kesatuan dan kemaslahatan bangsa. Oleh karena itu, diperlukan peran ormas di dalam menjembatani aspirasi masyarakat secara konstruktif dengan cara yang baik.

Di era modern seperti saat ini, hutang kepada perorangan (rentenir) dianggap masih menjadi solusi untuk masalah keuangan warga. Namun, alih-alih merampungkan masalah, justru menambah pelik ekonomi warga karena bunganya yang dipatok tak masuk akal.

Tak heran jika warga kerap mengeluhkan tentang bunga yang semakin tinggi bila hutang kepada perorangan seperti yang dialami oleh Bu Napsiah Grumbul Glempang RT6/4 Desa Tambak Sogra kecamatan Sumbang, kabupaten Banyumas. Selasa, (17/11/2020).

Napsiah selaku peminjam uang mengatakan, bahwa dirinya telah meminjam uang sebesar 25juta kepada Retno warga desa Sumampir dengan jaminan sertifikat.

“iya saya pinjam uang kepada Retno sejumlah 25 juta dengan jaminan sertifikat, namun bunganya semakin membengkak. Maka dengan hal ini saya meminta bantuan kepada ormas Laskar Merah Putih (LMP) banyumas untuk bisa menjembatani permasalahan ini.”jelas Napsiah.

Adapun dari pihak yang meminjamkan uang, Retno mengatakan, bahwa dirinya meminta maaf dan mengaku salah. “Saya minta maaf dan mengaku salah karena saya bukan Bank, maka sertifikat saya kembalikan, dengan hal ini buat pembelajaran agar kedepan tidak terulang lagi.”katanya.

Dan dari pihak Desa Tambak Sogra melalui Sekdes Mino menyampaikan, kami menyarankan kepada semua warga apabila membutuhkan pinjaman uang alangkah baiknya pinjam di Bank, dan itu akan lebih baik dan terjamin keamanannya.

Sementara itu, Agus Lestiyono, ketua Marcab Laskar Merah Putih (LMP) kabupaten Banyumas mengatakan, memang ini pinter, karena nasabah diiming-iming angsuran mudah, padahal menjerat.

“Saya menyarankan kepada siapapun, kalau mau pinjam uang itu lebih baik dibank karena disamping aman juga hitung-hitungannya lebih jelas.”katanya

Dan permasalahan ini diselesaikan di Balai Desa Tambak Sogra dan disaksikan oleh pihak desa. “ya Alhamdulilah permasalahan ini sudah selesai dan sertifikat bisa diambil dan hutang terlunasi.”ungkap Agus.

Ia menambahkan, bahwa Laskar Merah Putih (LMP) kabupaten Banyumas juga telah membantu warga-warga yang lain, seperti pengambilan Ijazah karena ijazah ditahan oleh pihak sekolah, pengambilan BPKB karena ditahan oleh pihak leasing, sertifikat karena ditahan oleh pihak lintah darat dan lain sebagainya.

“Ya bila ada warga lain yang membutuhkan bantuan dari kami, silahkan datang saja ke sekretariat Laskar Merah Putih di Dr. Angka No.7 Purwokerto.”pungkas Agus.(cn/hd/02).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here