Tim Monev LBH-PK Pusat Bertandang ke Kantor LBH-PK Cabang Cilacap

0
380

PURWOKERTO (cilacapnews.com) – HAMPIR dipastikan tak ada yang tak kenal Cilacap. Setidak-tidaknya pasti pernah dengar namanya. Yah… Cilacap memang fenomenal dalam semua sisinya. Ngomongi Cilacap angker juga sebab disana ada pulau pembuangan, Nusakambangan namanya.

Di Cilacap juga ternyata berdiri kokoh sekira 4 (empat) tahunan sebuah Cabang dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Perisai Kebenaran. Tepatnya pada Kamis (17/9) sore, Tim Monitoring dan Evaluating Lembaga Bantuan Hukum “Perisai Kebenaran” (Tim Monev LBH-PK) Pusat berkesempatan bertandang ke Kantor LBH-PK Cabang Cilacap di Jln. Dr. Rajiman No. 25B Cilacap.

Tim Monev yang terdiri 3 (tiga) orang tersebut yakni Slamet Kusnandar,SH (Dewan Pendiri LBH-PK/Wakil Ketua Umum LBH-PK) selaku Ketua Tim, dan sebagai anggota adalah Dr.(C).Kurniawan Tri Wibowo,SH.,MH.,CPL (KaDiv Litigasi LBH-PK) Hartomo,SH.,MH (KaDiv Hubungan Antar Lembaga, Program dan SDM LBH-PK).

Tim Monev LBH-PK Pusat yang di dampingi Sekretaris Jenderal sekaligus (Dewan Pendiri LBH-PK) Diah Ariwati,SH serta KaDiv Humas Hangsi Priyanto,SH.,MH tiba di Kantor LBH-PK Cabang Cilacap pukul 12.30 WIB. Rehat sebentar melaksanakan sholat Dhuhur dan makan siang, lalu rapat digelar.

Jajaran LBH-PK Cabang Cilacap hadir lengkap dari Ketua M. Rikza Prayoga,SH.,MH beserta advokat, paralegal juga staf kantornya.

Dalam sambutannya Ketua Tim Monev LBH-PK Pusat menyampaikan Kabupaten Cilacap adalah salah satu kabupaten terluas wilayahnya di Jawa Tengah bagian Selatan. Pendapatan Asli Daerah (PAD) nya tertinggi, banyak aset nasional seperti Kilang Minyak Pertamina, PLTU, Pelabuhan Samudera. Cilacap kaya akan potensi perikanan, kelautan, pariwisata, penduduknya heterogen.

Dalam daerah seperti itu maka pastilah banyak kasus hukum terjadi baik pidana maupun perdata. “Diawal-awal proses berjalannya lembaga ini, kita banyak menangani persoalan kasus Buruh Migran (BMI) dan semuanya selesai. Nah harapan kita itu LBH-PK Cabang Cilacap harus berani keluar dari zona nyaman tidak hanya fokus di perdata utamanya kasus-kasus perceraian saja,” kata Slamet Kusnandar,SH.

Menurutnya LBH-PK Cabang Cilacap harus berani menangani perkara-perkara pidana. Perkara di warga kan begitu banyak, ini membutuhkan kesiapan, kesigapan dari LBH-PK Cabang Cilacap.

Senada dengan itu Dr.(C). Kurniawan,SH.,MH.,CPL menekankan pentingnya shearing kasus agar Cabang tidak merasa sendiri dalam menjalankan tugas mulianya sebagai advokat. “Terimakasih atas kunjungan Tim Monev ke Cabang Cilacap,” ungkap Yoga Ketua LBH-PK Cabang Cilacap saat memberi sambutannya.

Yoga banyak bertutur terkait kondisi Cabang Cilacap. Dalam kesempatan itu Sekjend LBH-PK Pusat Diah Ariwati, SH menyarankan agar LBH-PK Cabang Cilacap bersiap mandiri.

KaDiv Humas Hangsi Priyanto,SH.,MH mengusulkan penambahan tenaga advokat mengingat Cilacap ini luas, kompleks kasus hukumnya. (cn/tro/05).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here