Wisata Indahnya Gunung Srandil

0
472

Selaian panorama alam dan pantainya yang memukau, serta bebrapa destinasi wisata sejarah yang kaya akan pengetahuan. Ternyata Cilacap juga kaya akan wisata spiritual, salah satunya gunung srindil ini. Gunung ini terletak di Glempangpasir, Kecamatan Adipata atau berjarak 30 kilometer dari Kota Cilacap. Anda bisa menggunakan transportasi umum yakni bus dengan jurusan Cilacap-Jatijajar-Kebumen. Menurut cerita yang beredar dan diyakini oleh masyarakat, orang pertama yang mentap di gunung srandil ini adalah Sultan Mukhriti putra kedua dari Dwi Sari Banon Ratu Sumenep-Jawa timur.

Kedatangan sultan ke gunung srandil ini konon untuk bertapa, namun, Sultan Mukhriti kemudian Murca (menghilang) yang ada tinggal petilasannya yang terletak di sebelah timur, dan dikenal dengan Embah Gusti Agung Sultan Mukhriti.Tapi semua itu hanya cerita yang beredar, kebenaranya tidak ada yang bisa memastikan. Karena selain cerita Sultan Mukhriti, di gunung Srandil juga ada legenda rakyat, bahwa yang pertama bermukim di gunung srandil ini adalah dua orang bernama Kunci Sari dan Dana Sari, mereka berdua merupakan prajurit dari pangeran Diponegoro yang tidak mau menyerah kepada bala tentara belanda. Mereka memutuskan melarikan diri ke gunung srandil untuk bersembunyi dan pada akhirnya meninggal disini. Makam kedua prajurit tersebut berada di sebelah timur gunung srandil dalam satu komplek yang dipagar keliling yang kemudian hari, nama kunci sari lebih dikenal dengan nama Sukma Sejati.

Dari cerita itulah kemudian gunung srindil banyak didatangi banyak peziarah baik dari masyarakat cilacap itu sendiri maupun daerah luar, bahkan ada yang datang dari sumatra, bali, kalimantan dan sulawesi. Para peziarah datang dengan anek macam tujuan masing-masing, dan biasanya ada yang bertapa pada jum;at kliwon atau malam satu syura. Karena menganggap tempat ini memiliki aura ghaib dari tokoh-tokoh mandraguna. Oleh karena itu, tak heran jika tempat ini sangat disakralkan. Karena banyak petilasan-petilasan yang dianggap memiliki karismatik. Petilasan itu diantaranya Mbah Kanjeng Gusti Agung, Nyai Dwi Tanjung Sekarsari, kaki Semar Tunggul Sabdojati Dayo Amongrogo, Juragan Dampo Awang, Kanjeng Gusti Agung Akhmat atau Petilasan Langlang Buwana yang terletak di atas bukit dan Petilasan Hyang Sukma Sejati. Itu sebabnya, gunung srindil sampai hari sangat di sakralkan

Sumber tempat wisata unik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here